Sponsor Kredit

Senin, 15 November 2010

Yang Harus Dilakukan Saat Kesulitan Melunasi Pinjaman

Suatu hal yang sering terjadi saat kita, menggunakan fasilitas pinjaman dana baik untuk konsumtif ataupun produktif adalah kita tidak bisa membayar cicilan pokok maupun bunganya yang bisa saja dikarenakan oleh faktor eksternal yang tidak mampu untuk kita atasi, misalnya kehilangan sumber pendapatan, kerugian agibat bencana alam dan lain-lain.  Hal ini tentu saja sangat tidak diharapkan oleh kedua belah pihak, baik kreditur maupun debitur. bagaimana cara kita untuk bisa secepatnya terlepas dari masalah ini.
Ada beberapa cara guna segera melepaskan masalah ini agar tidak semakin membebani kedua pihak. Namun sangat disarankan untuk segera menyampaikan permasalahan yang sedang di alami kepada pemberi pinjaman, yang menyebabkan anda mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran cicilan maupun pelunasan hutang tersebut.
Berikut tips yang mungkin harus segera anda lakukan :
  1. Sampaikan masalah ini kepada keluarga anda (orang tua, kakak, adik), bukan sebagai bentuk permintaan tolong, akan tetapi lebih kepada dukungan moral dan doa, agar segera dapat menyelesaikan permasalah anda.
  2. Temui langsung pemberi pinjaman anda, dan diskusikan semua yang terjadi, dan bagaimana solusi terbaiknya, mintalah laporan keuangan kredit anda sampai posisi terakhir, berapa kewajiban yang masih tersisa.
  3. Bandingkan hutang anda terakhir dengan asset yang anda jaminkan, apakah masih relevan untuk anda bisa jual asset tersebut secara pribadi kepada orang lain, dengan menutup hutang anda terlebih dahulu dan selanjutnya dilakukan transaksi jual-beli dengan orang tersebut.
  4. Lihat kembali perjanjian kredit anda, dan apakah ada kemungkinan untuk melakukan permohonan penundaan pembayaran yang hal ini bisa langsung dimohonkan kepada pemberi pinjaman.
  5. Jangan pernah anda tergiur untuk menambah pinjaman jika ternyata plafon anda masih bisa ditingkatkan, jika memang anda dalam masalah tidak bisa membayar cicilan tersebut.
  6. Selesaikan segera permasalahan ini usahakan anda berbesar hati untuk melepas asset jaminan anda tersebut dengan memberikan hak kepada pemberi pinjaman untuk melakukan penjualan asset anda tersebut.
  7. Jangan pernah anda berusaha menghindar dari permasalahan ini.
Demikian mungkin yang harus anda lakukan, semoga anda tidak mengalami kesulitan pembayaran hutang-hutang anda, dan jika toh hal itu terjadi semoga secepatnya anda bisa bangkit lagi dari keterpurukan anda tersebut.
Akan tetapi jangan pernah anda takut berhutang, jika anda telah melakukan perhitungan cermat dan analisa yang mendalam akan usaha anda agar mampu bergerak lebih cepat dengan penambahan modal atau bantuan pinjaman dari pihak lain. Karena tidak ada satu pengusahapun yang dalam usahanya tidak memanfaatkan fasilitas pinjaman dana, sebagai salah satu sumber daya bagi maju dan tumbuhnya usaha produktif yang sedang dilakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar